Cara pakai dan pengoperasian alarm android M45OTO versi BC01

Baca secara TELITI agar betul-betul mengerti

Cara pasang alarm android M45OTO ini sama persis dengan cara pasang di alarm motor remote pada umumnya, dan untuk upgrade/ganti dari alarm remote ke alarm android ini adalah PnP (langsung colok ke socket lama), dan tidak perlu potong-potong kabel asli motor.

Aplikasi Terakhir


Download Aplikasi Terbaru
M45OTO V.3

Dapatkan aplikasi alarm M45OTO:
Versi lama disini
Versi terbaru disini

Setelah selesai menginstall kabel alarm M45OTO pada motor berikutnya adalah lakukan langkah penggunaan dan pengoperasian alarmnya.

Cara pakai alarm M45OTO adalah sebagai berikut:

Ada 2 step langkah dalam pengoperasian alarm ini hingga akhirnya bisa menggunakannya,

1. Paring/singkronisasi antara bluetooth HP dengan bluetooth alarm sampai tersambung.
2. Menggunakan fungsi masing-masing tombol di aplikasi.

1. Cara Pairing/Sinkronisasi/Menghubungkan Bluetooth
Cara ini hanya perlu sekali saja pada saat pengenalan pertama antara HP android ke Alarm M45OTO. Berikutnya tidak perlu, cukup hanya nyalakan Bluetooth HP dan buka aplikasinya maka akan otomatis terhubung.
Dan ingat...jarak pairing ini hanya sampai di bawah jarak jangkau bluetooth, tiap HP beda-beda namun rata-rata berkisar 10meter s/d 15meter, semakin dekat HP ke Alarm M45OTO maka semakin cepat prosesnya terhubungnya.

Berikut Langkah-Langkahnya:
Tampilan aplikasinya seperti ini.


Begitu selesai install dan kita buka maka tampilan akan seperti ini. jangan kaget, Abaikan saja dulu! cukup kita tekan OK lalu tekan tombol BACK di HP (bawah kanan) lalu kita menuju ke panel menu Bluetooth HP.


Nyalakan Bluetooth di HP dan tunggu sampai muncul Bluetooth Alarm dengan nama M45OTO atau biasanya kalau masih baru pertama terdeteksi akan muncul angka/huruf2 di sertai titik dua di bawah kolom "Perangkat yang jarang Di pakai / Perangkat yang Tersedia- Klik di angka /tulisan/M45OTO tersebut dan tungu sampai muncul permintaan kode/pin/password penyandingan.


Masukkan kode/pin/password (6 digit angka) yang tertera pada box modul alarm lalu klik OK.




Setelah memasukkan kode/pin /password dengan benar maka Bluetooth dengan nama M45OTO tadi akan masuk di kolom " Perangkat Dipasangkan/Disandingkan"


Sampai disini artinya kita berhasil melakukan pairing/menyambungkan antara bluetooth HP dengan Bluetooth Alarm. Langkah selanjutnya kita ke menu HP (klik tombol tengah bawah) lalu cari ICON aplikasi M45OTO lalu klik icon tersebut dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini, Cukup klik OK.


Berikutnya lihat pojok kanan atas (kotak merah) di tulisan "Hubungkan" nah Klik Hubungkan. Tampilannya sebagai berikut


Setelah di Klik Hubungkan maka akan tampil nama-nama List Bluetooth, tampilannya seperti di bawah ini, hanya beda-beda angkanya masing-masing pada bluetooth Alarm M45OTO (jika tidak tampil maka kemungkinan arus ke alarm belum masuk). Dan jika sebelumnya banyak menggunakan bluetooth2 lain maka patokannya pilih dan tekan saja yang ada tulisan M45OTO, Perhatikan berikut.


Setelah di klik Bluetooth M45OTO maka beberapa saat kemudian layar akan otomatis berganti menjadi seperti di bawah ini dan status sudah "Terhubung" di tandai dengan berkedipnya lampu sein 2x dan di bawah monitor muncul simbol pancaran koneksi. Dan Mode menjadi KEYLESS. Perhatikan gambar di bawah ini


Sampai disini berarti Antara Aplikasi dengan Alarm sudah dapat berkomunikasi.

2. Fungsi Tombol Aplikasi M45OTO dan Kegunaannya

Cara Pakai Alarm M45OTO
(Pastikan Bluetooth Hp sudah Hidup dan terhubung ke Alarm M45OTO).

Mode KEYLESS
Pada mode KEYLESS ini kondisinya adalah bisa starter dan mematikan mesin motor cukup pakai kunci kontak bawaan motor. Dan bagusnya begitu kita menjauh (sekitar 15meter ke atas) dari motor maka otomatis mesin akan mati dan tidak bisa di starter lagi skalipun pakai kunci aslinya. Ini bermanfaat untuk anti rampas dan juga buat anti lupa (biasa disebut autolock) tanpa perlu membuka hp.

Caranya:
Jika aplikasi belum di buka, maka saat pertama di buka sudah otomatis ke Mode Keyless tanpa perlu tekan tombol apapun di layar.

Jika aplikasi sudah terbuka,
Tekan tombol Keyless di Layar dan lihat lampu sein kedip 2x.
Maka motor bisa di nyalakan seperti biasa dari kontak dan akan mati mesin saat berjauhan dengan HP.

Jika kondisi terakhir di Mode Manual maka begitu di buka aplikasi maka harus tekan singkat tombol KEYLESS, sebab jika tidak dilakukan tekan singkat tombol KEYLESS maka ini masih disebut system keyless palsu dan masih di posisi manual walaupun indicator Mode sudah menunjukkan Keyless.

Nb:
- Menjauh dari motor akan berakibat memutus hubungan Bluetooth Hp dengan Alarm.
- Test menjauh dari motor bisa juga dengan cara matikan bluetooth di Hp.

Mode AUTO
Pada mode ini starter dan mematikan mesin bisa dilakukan total dari Hp (Tanpa Kunci Kontak Motor).
Bluetooth Hp harus kondisi ON, jadi begitu Hp dan motor berjauhan maka otomatis mesin mati dan terkunci mesin/autolock.
Tidak usah khawatir meski tanpa kontak sebab alarm android M45OTO ini untuk pengganti arus kontaknya sudah di design 2X kekuatan dari alarm remote pada umumnya (Relay Kontak Out 2x20Ampere).
Mode auto akan terjadi otomatis begitu kita tekan tombol apapun di layar Hp.

Ada 3 cara starter mesin pada mode Auto ini:

Cara Pertama: Manual Starter
Tekan singkat tombol gambar kunci kontak dan tunggu sebentar agar ada jeda injeksi, lalu tekan dan tahan tombol gambar petir/flash seperlunya lalu lepas.

> Tombol Kunci kontak adalah untuk menghidupkan kelistrikan motor.
> Tombol petir adalah untuk menyalakan dinamo starter.
> Mematikan mesin tekan dan tahan tahan Tombol Kunci Kontak, atau Tombol Gembok Terbuka ataupun bisa juga Tombol Auto Starter..bebas.

Cara Kedua: Auto Starter
Tekan singkat Tombol Auto Starter (samping kiri tombol mic) maka kelistrikan hidup di sertai bunyi dan kedipan sein dan ada jeda sebentar buat injeksi naik disusul kemudian dinamo starter nyala dan mesin hidup.

> Mematikan mesin tekan dan tahan tahan Tombol Kunci Kontak, atau Tombol Gembok Terbuka ataupun bisa juga Tombol Auto Starter..bebas.

Cara Ketiga: Gunakan Suara (Voice Starter)
Tekan Tombol gambar Mic dan ucapkan "R" (Out Suara huruf R besar). maka kelistrikan hidup di sertai bunyi dan kedipan sein dan ada jeda sebentar buat injeksi disusul kemudian dinamo starter nyala dan mesin hidup.

> Untuk menggunakan fitur starter suara ini, data internet harus ON, dan settinglah google penelusuran dalam versi bahasa Indonesia.
> Keyboard/Masukan juga di setting Bahasa Indonesia.
Indikasi penyetingan berhasil adalah ketika kita ucapkan huruf "R" dan keluarnnya huruf R besar maka itu tandanya berhasil setting.

Mematikan mesin motor ada banyak pilihan:
Tekan tahan tahan tombol gambar kunci kontak.(tanpa suara, hanya kedip 1x, mesin terkunci)
Tekan singkat tombol gembok terbuka.(ada suara dan kedip sein 2x, mesin terkunci).
Tekan tahan tombol gembok terbuka.(tanpa suara dan kedip sein 2x, mesin terkunci).
Tekan tahan tahan tombol Auto starter (tanpa suara, hanya kedip 1x, mesin terkunci)
Tekan singkat tombol gembok tertutup (ada suara dan kedip sein 1x, alarm langsung aktif).
Tekan tahan tombol gembok tertutup.(tanpa ada suara dan kedip sein 2x alarm langsung aktif).
Tekan tombol gambar Mic lalu ucapkan "X" (ada desis sss - Out Suara huruf X besar, maka mesin terkunci juga).
Catatan!!!Mesin terkunci = autolock, artinya mesin terkunci dan tidak bisa di starter lagi, tapi sensor getar dan anti letter T tidak bekerja/tidak bersuara.
Alarm Aktif = mesin terkunci, dan tidak bisa di starter lagi, untuk sensor getar dan anti letter T berfungsi/bersuara. Kalo silent sensor getar ga bersuara, hanya kedip sein.

Mode MANUAL
Pada Mode MANUAL ini kita bisa menggunakan motor TANPA HP (seolah-olah tanpa alarm)
Gunakan Mode ini hanya pada saat Hp akan low batt atau saat akan Service motor, atau jika sedang malas menggunakan Hp. Jadi Alarm ga berfungsi sama sekali....sama seperti kondisi motor tidak ada alarmnya.

Untuk ke Mode Manual Caranya:
Tekan Tombol Manual sampai lampu sein berkedip 2x lalu matikan Bluetooth HP/tutup aplikasi, atau matikan Hp juga boleh... maka mesin motor dapat di nyalakan seperti cara biasa, sama seperti kondisi seolah-olah belum terpasang alarm.

> Untuk kembali ke mode Auto cukup tekan singkat Tombol Auto di layar aplikasi M45OTO.
> Untuk kembali ke mode Keyless caranya tekan Tombol Keyless di layar aplikasi M45OTO.

Screen/Ubah Layar
Tekan berkali-kali tulisan SCREEN di layar, maka background aplikasi akan berganti-ganti, ada 36 jenis berbeda gambar latar.

Hubungkan/Terhubung
Jika di Tekan:
> Pada kondisi sedang terhubung maka keluar pilihan Putuskan Sambungan? Tekan Ya/Tidak.
> Pada kondisi tidak terhubung maka keluar pilihan nama Bluetooth, tekan Bluetooth M45OTO dan tunggu terhubung secara otomatis dan mode akan menjadi S. Keyless.

Tombol Kunci Kontak
Tekan singkat tombol ini dan tunggu sebentar, lalu tekan tombol petir/flash seperlunya maka mesin motor akan menyala.
Tekan tahan tombol ini maka mesin motor akan mati dan mesin terkunci dan tidak bisa di starter manual (langsung autolock).

Tombol Petir/Flash
Berfungsi untuk menyalakan dinamo starter. Tekan hanya tahan sebentar saja tombol ini. bermanfaat untuk motor karbu yang agak susah di starter.
> Gunakan tombol ini setelah Tombol Kunci Kontak sudah di tekan sebelumnya.

Tombol Gembok Tertutup
Tekan singkat maka alarm aktif mode bunyi, jika motor di kasih benturan sirene berbunyi, sein kedip dan jika di bobol Letter T akan berbunyi, sein berkedip dan mesin terkunci.
Tekan tahan sampe kedip sein 1x maka alarm aktif mode silent, jika motor di kasih benturan sirene TIDAK berbunyi, sein kedip dan jika di bobol Letter T tetap akan berbunyi, sein berkedip dan mesin terkunci.

Tombol Gembok Terbuka
Berfungsi untuk Mematikan mesin dan mematikan alarm, tapi mesin tetap terkunci (autolock).
Pada kondisi sedang apapun maka jika di tekan tombol ini semua akan menjadi off (neutral).
Tekan Singkat maka sirene bunyi 2x, sein kedip 2x, mesin dan alarm akan off.
Tekan Tahan maka sirene tidak bunyi (silent), sein kedip 2x, mesin dan alarm akan off.

Tombol Pencarian/ gambar kaca pembesar
Berfungsi untuk mencari motor di parkiran, bisa juga untuk mode touring bersuara dan berkedip.

Tekan singkat maka sirene bunyi dan sein berkedip terus-menerus
Tekan tahan maka akan mati.

Tombol Sirene/ gambar speaker
Berfungsi untuk mencari motor di parkiran, bisa juga untuk mode touring bersuara TANPA berkedip.

Tekan singkat maka sirene bunyi terus-menerus
Tekan tahan maka akan mati.

Tombol Hazzard/ gambar lampu bohlam
Berfungsi untuk hazzard/sein berkedip saat berkendara TANPA BERSUARA.

Tekan singkat maka ke empat lampu sein berkedip terus-menerus.
Tekan tahan maka akan mati.

Tombol Auto Starter
Berfungsi untuk starter motor otomatis dan mematikannya.
Tekan singkat tombol ini dan tunggu sebentar, maka mesin motor akan menyala. Untuk kunci kontak motor boleh di ON boleh juga OFF.
Tekan tahan tombol ini maka mesin motor akan mati dan mesin terkunci dan tidak bisa di starter manual (langsung autolock).

Tombol Perintah Suara/gambar mic
Berfungsi untuk starter motor otomatis dan mematikannya melalui perintah suara.
> Untuk menggunakan fitur starter suara ini, data internet harus ON, dan settinglah google penelusuran dalam versi bahasa Indonesia.
> Keyboard/Masukan juga di setting Bahasa Indonesia.
Indikasi penyetingan berhasil adalah ketika kita ucapkan huruf "R" dan keluarnnya huruf R besar maka itu tandanya berhasil setting.Starter caranya Tekan singkat tombol gambar Mic dan ucapkan "R" (Out Suara huruf R besar). maka kelistrikan hidup di sertai bunyi dan kedipan sein dan ada jeda sebentar buat injeksi disusul kemudian dinamo starter nyala dan mesin hidup.
Mematikan caranya Tekan singkat tombol gambar Mic lalu ucapkan "X" (ada desis sss - Out Suara huruf X besar, maka motor mati dan mesin terkunci).

Tombol Sein Bunyi/gambar bulat merah kuning bawah kiri
Berfungsi untuk menghidupkan suara sirene/buzzer saat menghidupkan lampu sein.
Fungsi ini akan bekerja saat starter melalui aplikasi baik lewat tombol kunci kontak maupun starter perintah suara.
Tekan singkat untuk memfungsikan sein bersuara.
Tekan tahan untuk mematikan suara sein.

Tombol Saklar Variasi/gambar bulat hijau merah
Berfungsi mengalirkan arus positif 12Volt DC dari kabel hijau di modul alarm dan dapat di gunakan untuk menghidupkan accessories tambahan seperti lampu variasi tambahan, buka jok, charge hp dll.
Untuk arus negatif accessories tambahan bisa ambil dari negatif AKI ataupun massa/chassis.
Tekan singkat untuk mengalirkan arus DC 12Volt positif.
Tekan tahan untuk mematikan Fungsi.
Demikian cara pengoperasian alarm motor keyless android merk M45OTO Versi BC01 ini.
Apabila ada kendala silahkan hubungi penjual untuk bimbingan.
Trims
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar