Cara pairing dan sinkronisasi dalam mengatasi remote alarm yang tiba-tiba tak mau konek


Cara pairing dan sinkronisasi dalam mengatasi remote alarm yang tiba-tiba tak mau konek

Mungkin judulnya agak sedikit membuat was-was pengguna alarm motor yaitu cara pairing dan sinkronisasi dalam mengatasi remote alarm yang tiba-tiba tak mau konek ataupun terhubung ke modul alarm...TAPI JANGAN KUATIR,,,cara ini tidak akan bisa disalah gunakan pengguna lain dengan tanpa membongkar unit alarm yang sudah terpasang. Membongkar installasi alarm berarti akan berurusan dengan sensor getar dan bunjyi sirene saat kondisi aktif alarm, dan juga harus menyiapkan alat-alat yang cukup banyak, bagi si pelaku curanmor ini adalah merupakan tindakan kekonyolan.


Dan buat yang blm mengetahui cara mengatasi masalah lain seperti kenapa sirene/buzzer alarm motor menjadi kecil suaranya dan lemah silahkan di simak saja penjelasannya di artikel sebelumnya.
remote tak konek modul alarm

Cara pairing dan sinkronisasi dalam mengatasi remote alarm yang tiba-tiba tak mau konek dan terhubung

Faktor penyebab tiba-tiba remote alarm tidak mau konek atau terhubung ke modul alarm ada bermacam-macam, di antaranya adalah:
  1. Habisnya batre remote, ini di tandai dengan sangat redupnya lampu indikator pada remote saat ditekan tombolnya.
  2. Terjadinya tegangan kejut ke arah bawah pada sumber tenaga (aki motor) sampai melebihi batas ambang tegangan kerja modul alarm, contoh adanya korsleting antara positif dan negatif aki, lalu contoh lain adalah dinamo starter yang agak lengket/sesak putarannya sehingga aki seperti di adu negatif dan positifnya sehingga tegangan aki drop sesaat dan lain sebagainya.
  3. Aki motor kelebihan beban sesaat akibat terlalu banyaknya acessoriess yang jumlah amperenya melebihi batas covered, contoh lampu2 yang berlebihan, klakson yang berlebihan yang mungkin pada saat bersamaan di nyalakan semua dan itu membuat jatuh tegangan sesaat pada aki sehingga program modul alarm menjadi error dan remote tak mau konek lagi ke modul alarmnya.
  4. Tidak adanya tegangan dan arus yang masuk ke modul alarm motor.
Cara yang akan kami bagikan disini adalah hanya bisa di praktekkan untuk alarm motor merk MP super baik yang Mp1way atau Mp2way dan juga merk BHT pink, ini karena bisa di katakan sama model, kedua merk ini sama cara dan juga bisa tukar remote walaupun beda merk.
Adapun alarm motor merk Vinyx beda lagi caranya.

Remote alarm motor tiba-tiba ga mau konek dan terhubung?

Nah cara pairing dan sinkronisasi dalam mengatasi remote alarm yang tiba-tiba tak mau konek dan terhubung adalah pertama yang harus di lakukan adalah cabut modul alarm dari installasi motornya, lalu siapkan aki 12volt atau boleh juga adaptor 12volt dan lalu siapkan kabel installasi bawaan alarm yang lain. Langkah2nya adalah:
  • Untuk merk Mp super one way dan two way dan juga BHT pink cara pairingnya dan sinkronisasinya adalah hubungkan ketiga kabel menjadi satu yaitu kabel orange, kuning 2biji, lalu kabel hitam alarm ke negatif aki dan merah ke positif aki. Saat setelah terhubung semua maka akan muncul bunyi aneh, nah setelah bunyi aneh itu muncul segeralah kita tekan tombol unlock/gembok buka pada remote, dan kalo muncul bunyi setelah kita tekan brarti remote telah sinkron dan terhubung dengan modul alarmnya. Lakukan di remote yang satunya juga. clear sudah...
  • Untuk merk Vinyx lebih mudah, bongkar modul alarm, lalu kabel hitam alarm ke negatif aki dan merah alarm ke positif aki...lalu tekan tombol putih kotak pada modul, pertama dia akan keluar bunyi ceklik relay 1x, lalu segera kita tekan gembok buka di remote dan jika modul merespon dengan muncul bunyi ceklik relay 2x berarti proses telah berhasil. Lakukan saja di kedua remotenya secara bergantian dan langkah yang sama.
  • Pada merk Vinyx keluaran terbaru caranya pun hampir sama bedanya adalah saat di tekan tombol kotak putih di modul dia akan keluar suara 3x nah saat itu juga langsung tekan gembok buka di remote satu dan secara cepat langsung tekan pula di gembok buka remote satunya. Jika jeda antar remote satu dan dua agak lama maka yang remote kedua di pastikan gagal.
Untuk alarm motor merk yang lain dalam mengatasi remote alarm yang tiba-tiba tak mau konek dan terhubung saat ini kami blm menemukaan caranya, jika di antara pembaca lainnya ada yang sudah paham dan praktek silahkan di share saja di kolom komentar di bawah ini.

Demikianlah sedikit pencerahan mengenai cara pairing dan sinkronisasi dalam mengatasi remote alarm yang tiba-tiba tak mau konek dan terhubung, semoga bermanfaat buat kita semua.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

31 komentar

  1. Maaf mau tanya,saya pakai alarm mp.
    Tombol gwmbok,buka gmbok lonceng semua berfungsi dngn baik,tapi tombol petir(starter)ga berfungsi, itu kenapa ya?
    Klau dipencet 2x lampu di remot nyala tapi motor ngga mau hidup.

    BalasHapus
  2. Maaf mau tanya,saya pakai alarm mp.
    Tombol gwmbok,buka gmbok lonceng semua berfungsi dngn baik,tapi tombol petir(starter)ga berfungsi, itu kenapa ya?
    Klau dipencet 2x lampu di remot nyala tapi motor ngga mau hidup.

    BalasHapus
  3. Sya punya rmot cr7 yg satu ny hidup yg k 2 gk mau konek it knp y pdahl udh d gnti batre ny tlong penjelasanny ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di reture saja ke penjualnya mas...sebab sampai sekarang saya pun blm tau cara sinkronisasi remote CR7 dgn modul alarm supaya bisa konek...kalo merk MP dan Vinyx sih bisa

      Hapus
  4. remot merk mp saya ada 2 remot cadangan.awalnya 2 remot pungsi semua.tapi skarang cuma 1 yg pungsinya.udah ganti batre tapi tetap ga bisa.apa harus coba seperti cara diatas atau g mana.biar kepakai 2 remot lagi.trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobalah cara di atas...sdh banyak yg berhasil

      Hapus
  5. Saya mau tany kenapa remot alarm motor v12 saya tidak bisa digunakn dari jauh...
    Mohon penjelasan dan solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang agak kurang dia mas,,,yg agak jauh jarak remotenya merk MP

      Hapus
  6. Bang, setelah pasang alarm lampu engine nyala trus itu kenapa ya?

    BalasHapus
  7. Motor saya sudah pasang alarm Tapi Lampu seinnya eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi masih salah pasang,,,bisa karena ga di kasih protektor khusus...bisa jadi ga akurat penyambungan...atau bisa jadi dr alarmnya

      Hapus
  8. Alrm mp punya sy.kabel abu² kenpa konek terus sewaktu tombol gembok buka di tekan dia masih konek..

    Terus di gembok terkunci... Kunci kontak di nyalakn...alarm tidak bunyi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada salah dalam pemasangan alarm motor itu mas...

      Hapus
  9. Alram cr7 saya gk konek tiba2 mas remot nya hdup kira2 knpa itu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo batrenya masih ok ada kemungkinan kristal daleman remote error..

      Hapus
  10. Alarm saya cr7 kalo mu matiin mesin pakai remot kadang gak konek.. knapa ya?? Tapi klo motor mati semua koneksi lancar

    BalasHapus
  11. Cara aktif in remot cadangan gimna ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak cara pairing/sinkronisasi remote di atas mas...ikuti aja.

      Hapus
  12. Cara konek remot ke motor suzuki gsx gmna bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kebetulan blm tau kalo soal itu saya mas.

      Hapus
  13. saya pasang alarm merek vinyx ketika posisi kontak ON starter electrik dan engkol tidak berfungsi. jadi setiap kali mao menghidupkan motor saya menggunaakan remot yg ada logo petir nye. saya setting remot nya gimana ya biar starter saya bisa di gunakan kembali. teeima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek sekring motor mungkin ada yg putus. Ciri sekring kelistrikan motor ada yg putus misalnya lihat lampu speedometer saat kontak di ON apak lampu nyala, kalo mati brarti sekring bagian ke panel motor putus,,cek juga sekring2 lainnya...jika sekring motor tidak ada yang putus maka besar kemungkinan pasang alarmnya ada kesalahan, Dan yang perlu di ketahui adalah versi alarmya seperti apa sebab bbrp merk memang ada yang namanya fitur autolock/semi keyless dan doorman lock. Silahkan pelajari fitur dan pengaturan alarmnya contoh pada merk MP fitur doorman lock yaitu motor tidak bisa di kick starter ataupun manual starter tanpa tekan tombol petir 1x terlebih dulu ataupun di setting OFF fitur doorman lock nya...saya referensikan coba gunakan panduan cara setting alarm merk MP one way, sebab merk VInyx versi tertentu ada yang mirip MP One Way.

      Hapus
  14. bang coba penjelasannya,saya punya alaram v12 dan remotnya tidak mau konek,semua berawal karena anak saya selalu membunyikan alaramnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan kabel alarm terkonek dengan sempurna seperti misalnya di solder...lalu cek juga batre remote apakah masih sehat....cek juga terutama kabel jalur yang menuju aki terkonek dengan baik.

      Hapus
  15. Gan, saya sudah pasang remot vinyx new injeksi di motor beat FI, tapi kenapa ya setiap tombol remot di pencet lampu sein tidak berkedip. Tapi jika alarm (aktif) berbunyi lampu seinnya hidup. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan masih ada yg jalur salah dalam pemasangan alarm motornya ataupun perlu tidaknya penggunaan relay tambahan...untuk jalur yang benar silahkan chatt saya di Wa 081281480035

      Hapus
  16. maaf mau tanya, cara cabut fitur lonceng bagaimana ya? mohon bantuannya

    BalasHapus