Suara Sirene atau Buzzer Alarm Motor Menjadi Kecil dan Lemah

Jika suara sirene atau buzzer alarm motor menjadi kecil dan lemah, lalu apa penyebab dan bagaimana langkah2 memperbaikinya?

Banyak pertanyaan masuk berkaitan dengan suara sirene atau buzzer alarm motor yang menjadi kecil ke chatt kami dan di komentar2 artikel web ini.
Suara Sirene/Buzzer Alarm Motor Menjadi Kecil dan Kurang Keras

Penyebab kecilnya suara sirene/buzzer alarm motor itu ada 2 sebab, pertama dari sirenenya itu sendiri yang lemah atau short, lalu yang kedua dari modul alarmnya yang di dalamnya ada komponen yang error. Kecilnya suara berbeda dengan tidak adanya suara. Kita hanya akan bahas kasus rata-ratanya yaitu tiba-tiba menjadi kecilnya suara sirene.


Normalnya dan umumnya dari berbagai jenis dan merk alarm motor itu besar suara sirene alarm lewat output sirene/buzzer ini berada sekitar tingkat kekerasan 125db(decible), ini adalah kekencangan ideal rata2. Namun hasil akhir setelah terpasang akan berbeda2 level kekerasan suaranya, ini bergantung dari dimana kita menempatkan posisi sirene...apakah di depan sirene ada halangan lepasnya suara atau tidak dan apakah jenis motor yang bodynya memiliki tingkat kerapatan yang rapat atau tidak.
Dan kita anggap perbedaan di atas tidak menjadi perdebatan, yang akan kita bahas disini adalah mengapa suara sirene/buzzer alarm motor kita tiba2 menjadi kecil tidak seperti sebelum2nya,


Suara Sirene/Buzzer Alarm Motor Menjadi Kecil dan Kurang Keras

Yang perlu kita ketahui dari sirene/buzzer untuk alarm motor yang banyak beredar di pasaran ini adalah berjenis sirene AC, yaitu mirip dengan jenis pengeras suara speaker biasa, artinya sistem keluarnya suara berdasarkan repro suara dari system repro suara yang umpankan ke blok amplifier lalu di umpankan lagi ke output terakhir yaitu sirene/buzzer.

Lihat blok diagram di bawah ini:
Suara Sirene Buzzer Alarm Motor Menjadi Kecil dan Kurang Keras

Dari skema blok di atas jika kita ingin menangani masalah kecilnya suara silahkan berkutat saja di ketiga area itu yaitu di bagian repro suara dalam hal ini IC lalu area amplifier yaitu ada trafo OT dan transistor besar lalu sirene itu sendiri.

Perlu di garis bawahi bahwa sirene/buzzer alarm motor adalah rata-rata berjenis sirene AC yang ciri-cirinya adalah:
  1. Dia tidak mengeluarkan suara kalo tanpa adanya system pengeras suara (amplie).
  2. Dia tidak mengeluarkan suara kalau hanya di beri arus DC seperti aki/batre secara langsung.
Dan yang terjadi adalah banyaknya para pengguna alarm motor yang melakukan kecerobohan experimen misalnya mengganti langsung sirene jenis AC ini dengan klakson motor. Sementara klakson sendiri adalah berjenis DC, maka yang terjadi adalah klakson tak bersuara dan modul alarm keluar asap, error dan sebagainya.

Bisakah kecilnya suara sirene alarm diperbaiki lagi?
Sekarang mari kita coba untuk memperbaiki kecilnya suara sirene/buzzer ini terlepas dari apapun penyebab kecilnya suara. Langkah-langkah memperbaikinya adalah:
  1. Lepas modul alarm dan sirene darir instalasi motornya dan gunakan kabel instalasi lain untuk trouble shooting.
  2. Pastikan setrum/arus DC 12volt masuk kedalam modul alarm (dalam hal ini gunakan kabel socket alarm motor yg lain namun sejenis seolah2 alarm belum terpasang), dan setrum supply bisa pakai aki 12v bisa juga pakai adaptor 12v DC, lalu coba tekan tombol gembok buka di remote dan apakah sirene berbunyi kecil dan relay terdengar ceklik2, kalau iya itu berarti setrum telah mengalir ke dalam modul.
  3. Kemudian gantilah sirene yang suaranya kecil itu dengan sirene lain tapi yang sejenis, coba tekan gembok buka di remote, kalo suara menjadi keras brarti sirene yang rusak, tapi kalau ternyata masih tetap kecil suaranya lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu,
  4. Bongkar modul alarm lalu cek fisik Trafo Output kalo solasi penutupnya terlihat seperti lumer maka ganti trafo itu dengan trafo alarm yang sejenis, kalo tetap masih sama suaranya lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu,
  5. Cek transistor pengeras suara, cirinya adalah komponen agak besar kaki 3 dan berwarna hitam di dekat trafo, ganti komponen tersebut kalo tetap kecil lanjut ke bagian repro suara yaitu komponen IC, ini agak rumit tapi skaligus sangat jarang terjadi, kalo kita tak punya alat testernya lebih baik ke ahli elektronic ataupun ahli alarmnya, fokus saja di trafo dan transistor karena dengan adanya suara kecil berarti setidaknya repro suara dari IC sudah ada tanda kerjanya.
Suara Sirene/Buzzer Alarm Motor Menjadi Kecil dan Kurang Keras


Biasanya yang selama ini kami jumpai kasus kecilnya suara alarm motor ini terjadi karena pernah terbalik polaritas yaitu negatif dan positif aki, atau bisa juga sebab experimen/percobaan iseng di ganti sirene dengan klakson dengan harapan biar tidak seperti suara mainan anak-anak, dan bisa juga terjadi akibat memang dari buruknya komponen yang lolos oleh pabrik pembuatnya itu sendiri,  dan ini soal lain. Namun kebanyakan kasus ini mudah di selesaikan dengan catatan gantilah komponen2 di atas sesuai dengan spek nya.

Problem kecilnya suara sirene berbeda dengan problem tidak munculnya suara sirene sama sekali, dan kalo suara sirene tidak muncul sama sekali bisa terjadi oleh sebab putusnya kabel sirene, tidak sempurnanya hubungan antar socket socket sirene atau bahkan tidak masuknya arus sama sekali ke dalam modul, dan biasanya juga lampu sein tidak berkedip.

Dan jika kasus tidak terselesaikan segera hubungi saja ahli-ahli alarm motor terdekat untuk membantu penyelesaiannya.

Semoga bermanfaat.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

25 komentar

  1. Apakah dengan soak nya speaker alarm mempengaruhi fungsi utama dari alarm tersebut?

    BalasHapus
  2. engga....masih tetasp berfungsi lock nya

    BalasHapus
  3. Jenis dan ukuran trafo ot berapa itu ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pasaran toko elektro ga ada yg jual mas...solusinya di kanibal dr alarm lain yg sdh rusak dgn merk yg sama

      Hapus
  4. Gan mau tanya alarm mp one way di motor beat fi,kalau di lock mesin tetap bisa nyala dan alrm ny bunyi knp y gan?
    Trus klau mesin di nyalain dgn knci kontk tdk bs d matiin dgn remote..
    Tpi klau nyalain lwat romet bs d matiin lwat remote. Knpa y bang
    Mhon pencernaan gan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ms broo...salah pasang tuh jalur,jk jalur sdh sesuai dgn garis besarnya...biasanya error direlaynya..minta ganti baru..

      Hapus
  5. permisi gan mau tanya, kalo ganti suara buzzer pada alarm vinyx bisa ngak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bs mas...sebab repro system suara berasal dari program modul alarmnya...bukan dari sirene

      Hapus
    2. kalo ganti remote juga ngak bisa ya gan?

      Hapus
  6. beda merk beda fitur,,beda matrialnya beda harga juga...coba lihat2 di youtube

    BalasHapus
  7. Bisakah sirine toa mobil diganti dengan buzzer motor om?

    BalasHapus
  8. untuk alarm motor rata2 sirenenya jenis AC...kalo ganti yg jenis AC harusnya sih bisa...tp repro suara akan tetap sama.

    BalasHapus
  9. alarm mp ku ga keluar suara gan, bisa di service kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung komponen yg rusaknya mas...kalo sirene alarm ga keluar suara biasanya hanya ada bbrp kasus,,,pertama sirenenya sendiri,,,kedua trafo dalaman modul,,,ketiga Transistor amp nya...dgn catatan repro suara dr IC ada...nah biasanya ketiga komponen itu...dan perlu di mengerti juga kalo trafo dan Transistornya biasanya susah di temukan di toko2 komponen,,,solusinya biasanya di ambil dari komponen kanibalan dari alarm motor yg rusak,,,jadi bisa aplus komponen. ..kalo sirenenya sih di toko online jg tersedia kok...demikian.

      Hapus
  10. bang nomor komponen transistor pada mod alrm brapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo transistor bagian output suara yg sebelum trafo OT typenya untuk merk MP two way adalah TIP 41C lalu kalo merk Vinyx transistornya type D882 lalu untuk Mp one way type MJE 13003

      Hapus
    2. terimakasih bang jawabannya.
      kerusakan (terbakar) pada transistor apa dapat menyebabkan mati total pada modul alrm bang. soalnya modul alrm sy tdk bekerja. setelah di buka transistornya yang hangus. atau ad penyebab lain jg bang?
      sdh 2 kali ganti alrm penyakitny sama transistorny cepat hangus kalau d rpm tinggi.

      Hapus
    3. harusnya ga menyebabkan hangus sih mas,,,bisa jadi itu masalah salah pasang di system relay dalam membuat konsep cut off ataupun kill engine

      Hapus
    4. modul alarm sy udah 2kali hangus bang d bagian transistornya. sy pakai vinyx udah dengan instalasi kabel yg sama dan kasus yg sama.
      ada ig atau wa ngga bang ?

      Hapus
  11. Kalau bazer alarm mati merk bht ,,,diganti bazer alarm honda fario bisa bz

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti aja sesuai aslinya atau yg sejenisnya,,,dia masuk kategori sirene passive AC....artinya adalah sirene yg akan berbunyi kalo ada penguat suara...nah di dalam modul alarm motor remote itu ada penguat suara,,,yaitu komponennya ada transistor, trafo OT dan komponen pendukung..jadi bisa jadi bukan sirene saja yg bermasalah...jadi harus jeli dalam trouble shootingnya.

      Hapus
  12. Misi bang mau tanya alarem motor saya mp.ko suara nya kecil ya .makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di artikel saya yg lain judulnya kenapa sirene alarm lemah dan kecil suaranya...disini https://www.aneka-alarm-motor.com/2019/06/suara-sirene-atau-buzzer-alarm-motor.html

      Hapus