Jenis-Jenis Alarm Anti Maling buat Sepeda Motor

Kita bisa memilih dari sekian banyak jenis dan model alarm anti maling buat motor kesayangan kita dari mulai harga yang murah sampai yang termahal, dari yang paling sederhana fiturnya sampai yang terlengkap fiturnya, dari yang mudah cara pasangnya sampai yang sulit cara pasangnya. Baik yang bisa kita buat sendiri ataupun yang kita beli jadi.

Di tulisan kali ini kita akan paparkan mengenai beberapa di antara jenis atau model alarm anti maling buat motor yang banyak beredar di pasaran yang pada akhirnya silahkan anda sendiri yang memilih.

Di bawah ini adalah model dan jenis alarm anti maling buat motor yang telah beredar di pasaran:

Alarm motor anti maling model Saklar Rahasia
Di antara sekian banyak alarm motor anti maling ya hanya alarm model inilah yang sangat murah, sangatlah mudah bila kita ingin membuat sendiri saklar rahasia buat alarm anti maling motor kita. 

Komponennya adalah hanya saklar dan kabel saja lalu tempatkan saklarnya di bagian tersembunyi motor. Jika kita kesulitan atau awam dalam mengerjakan silahkan minta bantuan bengkel.
Untuk yang mau coba bikin sendiri silahkan searching di google dengan kata pencarian “membuat saklar rahasia untuk motor”.
Prinsip kerja saklar rahasia ini adalah motor tidak menyala apabila saklar rahasia dalam posisi off. Adapun fitur lain tidak ada, hanya sebagai anti starter saja. System mematikan mesin motornya ada yang memakai system cut off ataupun kill off.
Cut off adalah memutus jalur pengapian ataupun kelistrikan motor, sedangkan kill off adalah mematikan system pengapian mesin motor.

Alarm motor anti maling model sensor sentuh
Alarm motor model sensor sentuh ini cukup sederhana, prinsip kerjanya adalah sebagai anti starting atau secara mudahnya adalah menghambat pencuri dalam menyalakan mesin sepeda motor sehingga gagal di bawa pencuri.
Alarm anti maling sensor sentuh ini bisa di buat/bikin sendiri dengan cara mengikuti tutorial cara bikinnya, silahkan di coba googling di internet dengan mengeti kata kunci “Cara membuat Alarm Sensor Sentuh” dan untuk komponennya juga bisa di dapat di took-toko electronic hanya cukup modal di bawah 50ribu.
Inti dari kerja alarm anti maling sensor sentuh ini adalah validasi untuk sentuh sensor sebelum kita akan memakai sepeda motor kita. Kelemahan alarm system ini adalah terkadang bisa aktif manakala setelah motor di cuci di karenakan basah titik sensor sentuh menuju grounding.
Untuk alarm anti maling jenis ini biasanya tidak tersedia fitur starting, anti rampas jarak jauh dan mode searching atau pencarian di parkiran, hanya betul-betul anti starter yang berguna untuk membuat motor tidak bisa menyala saat ada maling yang mau menyalakan mesin motor.

System kerjanya adalah memutuskan kelistrikan motor itu sendiri yang bersifat cut off. Jadi kelistrikan motor akan menjadi On manakala kontak di ON lalu kemudian harus menyentuhm sensor sentuhnya untuk membuat mesin bisa dinyalakan.

Alarm motor anti maling model sensor Magnet
Alarm anti maling /pengaman motor model sensor magnet ini system kerjanya adalah hampir mirip sensor sentuh yaitu sebagai anti starting saja saat ada yang membobol kunci kontak pakai kunci letter T atau pakai kunci bawaan motor sekalipun, kelistrikan akan mati sebelum magnet kita dekatkan ke sensor yang sudah di rekatkan di bagian belakang cover motor diposisi yang kita kehendaki.

Alarm model ini bisa kita buat sendiri ataupun membeli paket jadi, sudah banyak yang menjual alarm anti maling jenis sensor magnet ini. Silahkan jika ingin mengetahui tentang alarm model sensor magnet ini ketik saja di internet dengan kata kunci "Alarm motor sensor magnet".

Prinsip kerjanya hanyalah on off saklar magnet yang apabila magnet di dekatkan maka pin plat saklar akan terhubung sehingga membuat system rangkaian alarm sensor magnet menghubungkan kelistrikan motor sehingga arus mengalir dan motor bisa di nyalakan.

Alarm motor anti maling model sensor Fingerprint / Sidik Jari
Alarm anti maling jenis sensor fingerprint ini tergolong sederhana namun harga cukup mahal sebab sensornya sendiri sudah cukup mahal sementara fitur yang di dapat juga hanya sebagai anti starting, anti starting yaitu mencegah maling motor dalam menyalakan motor tanpa validasi jari jempol kita di sensor fingerprint. Namun penempatan sensor fingerprint ini harus safety dari keterbukaan unit sebab bentuknya yang agak menyolok dan harus kedap air sehingga part atau komponen sensor bisa terlindungi.

Alarm anti maling inipun bisa kita buat sendiri ataupun membeli paket jadi silahkan searching saja di internet dengan menulis kata kunci ”alarm motor fingerprint”. Sama halnya dengan alarm sensor sentuh, pada alarm motor jenis fingerprint ini point kerjanya hanya sebagai anti starting saja tanpa ada anti rampas jarak jauh dan tanpa mode pencarian parkiran.

Alarm motor anti maling model Remote
Ini yang menurut saya alarm paling popular dan harga terjangkau sebab dengan fitur berlimpah dan tidak menguras kantong, rata-rata kisaran harganya hanya ratusan ribu.
fleksibilatas alarm anti maling ini sangat bermanfaat manakala ingin kendali dari remote ataupun dari manual motor. Kita akan mendapatkan fitur banyak dari alarm jrnis ini contoh fitur starter remote yang bermanfaat untuk memanaskan mesin dari jarak jauh, kemudian juga ada sensor getar yang bisa memberi tau kalo motor ada yang nyenggol atau menggeser, lalu fitur anti rampas, anti kunci letter T, lalu mode pencarian dan lain sebagainya tergantung dari merknya.

Dari sekian banyak alarm motor yang beredar ya hanya alarm jenis remote lah yang menduduki ranking pertama di pilih oleh konsumen. Selain harga relatif murah, umur dari alarm ini juga awet tergantung system dan kualitas cara pasang alarm itu sendiri ataupun kualitas material alarm motornya.

Alarm anti maling untuk motor ini kebanyakan adalah produksi pabrikan, sangat sulit bagi kita jika membuat alarm model remote ini selain performance yang rapih disisi lain juga memang komponennya pabrikan jadi kita cukup beli saja tanpa perlu repot-repot membuatnya. Kita bisa mendapatkan alarm motor anti maling jenis ini di toko-toko alarm ataupun di marketplace online/online shop dengan mengetik nama di internet "alarm motor remote".

Untuk cara pasang alarm motor jenis remote ini agak sulit jadi silahkan hubungi bengkel-bengkel khusus alarm motor, jangan pernah kita menyerahkan sesuatu yang bukan pada ahlinya, apalagi main coba-coba yang bisa berakibat fatal terhadap kelistrikan motor itu sendiri.
Tidak perlu kuatir jika teman-teman memasang alarm jenis remote ini soal tekor aki, sebab konsumsi arus standby nya hanya berkisar 8mA. silahkan hitung saja jika aki motor kita 3,8AH ataupun 5AH maka bisa di hitung berapa hari kekuatan aki motor jika tanpa jalan sama sekali. Apalagi jika motor yang sehari-hari kita pakai sangat tidak perlu kuatir.

Alarm motor anti maling model kendali Hp Android
Alarm anti maling model Hp Android adalah terobosan baru cara membuat motor jadi aman yang pegoperasian alarm motornya menggunakan teknologi hp android. Fitur yang di tawarkanpun komplit layaknya alarm remote, perbedanya adalah kalo alarm yang model remote kendali menggunakan gelombang radio yang di pancarkan oleh remote, sementara kalo yang alarm anti maling model android kendalinya menggunakan sebuah aplikasi di hp android. 

Jika kita bandingkan dengan alarm yang jenis remote maka alarm lewat hp ini tidak kuatir akan adanya kerusakan di bagian pengendali sebab sudah tersedianya aplikasi di hp yang bisa kita download sewaktu-waktu, dan akan sangat praktis ketika bepergian tidak perlu membawa-bawa remote sebagaimana ketika alarmnya jenis remote.

Untuk masalah tekor aki pun tidak usah di ragukan lagi sebab konsumsi aruspun sudah di hitung sedemikian rupa mode standby nya hemat arus. Kita bisa ketahui lebih mendalam tentang alarm anti maling motor jenis android ini dengan mengetik kata kunci di internet "Alarm Motor HP Android".

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar