Prinsip Penggunaan Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote

Prinsip Penggunaan Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote

System kelistrikan motor antara satu dengan yang lainnya berbeda2, hal inilah yang menjadikan alasan kenapa kadang diperlukan relay tambahan pada motor tertentu saat prosess pemasangan alarm motor remote. Untuk itu tulisan kali ini saya beri judul Prinsip Penggunaan Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote.

Dengan alasan supaya fungsi fitur2 alarm dapat berfungsi sebagaimana mestinya, ataupun dengan alasan biar safety motornya maka disinilah Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote diperlukan.

Dan yang perlu diluruskan adalah bahwa RELAY bukan untuk menghemat aki, atau biar aki ga tekor, itu adalah opini salah kaprah. Justru dengan adanya relay tambahan akan menambah sedikit konsumsi arus, namun tidak seberapa.
Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote

Relay digunakan untuk system pensaklaran elektronic, dimana pada keperluan pemasangan alarm motor ini fungsinya adalah untuk penyesuai fungsi kerja alarm motor dengan kelistrikan motor yang akan dipasang tersebut, sehingga tidak perlu memotong kabel/jalur2 asli kelistrikan motor serta membuat semua fitur alarm menjadi optimal.

Sebenarnya didalam modul alarm motor itu sendiri sudah banyak relay-relay, dan spek relay pada alarm motor rata-rata 12v 20a (baca 12volt 20ampere) silahkan klik gambar2nya di sini, dan di motor tertentu ada kalanya pada saat pasang alarm motor system remote tidak bisa sekonyong2 langsung sesuai dengan system kelistrikan motor itu sendiri, sehingga relay adalah sebagai penolongnya.


Relay bisa bekerja untuk banyak hal sesuai sirkuit yang di mau, untuk memahami konsep dasar relay dan cara kerjanya silahkan browsing di internet, sudah banyak penjelasan sana sini.

Namun disini kita hanya akan membahas fungsi pada kelistrikan motor terutama dan khususnya pada saat pemasangan alarm, kapan diperlukan dan kapan tidak.

Pada contoh kasus sepeda motor type yamaha sekitar 95% diperlukan relay tambahan, sebabnya adalah motor tersebut bertype bandik starter standby positif yang artinya kita harus mengubah polaritas starter dari modul alarm yang bermuatan positif menjadi negatif agar bandik starter dapat bekerja menghubungkan elektrik motor starternya.

Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote
Contoh lain fungsi Relay tambahan diperlukan adalah pada kategori motor yang ada gigi persneling, alasannya adalah agar saat posisi standart samping dan posisi gigi masuk, kemudian si pengguna menyalakan starter motor menggunakan remote maka kita tidak perlu kuatir motor itu akan jalan dan loncat dan jatuh,,hal ini akan di antisipasi oleh relay tambahan tersebut yang akan menjadi sensor anti loncat otomatis mencegah motor nyala jika pengguna lupa belum menetralkan gigi persneling nya. Jadi dengan adanya relay tambahan tersebut kita tidak perlu mengingat atau khawatir posisi terakhir gigi persneling dalam posisi masuk ataupun netral, karena hakikatnya dan aturannya adalah starter dari remote akan berjalan harus saat gigi posisi neutral.
Jika dalam posisi gigi masuk namun masih bisa di starter maka besar kemungkinan dan cepat atau lambat motor akan jatuh dan penyok.

Hal yang tersebut di ataslah yang menjadikan alasan kenapa pada motor tertentu saat proses pemasangan alarm diperlukan relay tambahan. Untuk para montir ataupun teknisi pemasang alarm tentu harus paham dengan hal ini yang mana tujuannya adalah selain untuk memfungsikan keseluruhan fitur2 alarm motor juga untuk dan agar lebih safety.


Dalam pemilihan relay tambahan sifatnya bebas modelnya dan terpenting adalah relay 12V, sedangkan ampere minimal adalah boleh 10ampere, jika menggunakan yang 12V 30/40ampere juga akan lebih bagus.

Seperti apa model2 relaynya silahkan simak penampakannya


Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote

Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote

Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote

Untuk lebih safety saat pemasangan alarm motor, relay sebaiknya di masukkan ke box khusus untuk menghindari kemungkinan korsleting, kemudian berilah sealent agar air tidak bisa masuk.

Demikianlah ulasan mengenai Relay Tambahan pada Pemasangan Alarm Motor Remote mudah2an memberikan pencerahan buat para pengguna alarm motor ataupun para users yang akan mencoba pasang alarm motor sendiri sehingga hal2 mengenai perlu dan tidaknya penggunaan relay tambahan ini tidak menjadikan momok wajib relay. Cukup dengan pemahaman kerja relay dan paham system kelistrikan motor juga paham cara kerja alarm motor maka kita bisa ambil kesimpulan ini.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

44 komentar

  1. Gan maaf mau bertanya
    Jalur relay 30.86.87.85 kemana saja ya
    Dan jika alarm vinyx kabel warna pink dan abu abu jalurny kemana

    Untuk mtr Scorpio 2009
    Boleh d kirim email
    nurulsetyo10@gmail.com

    BalasHapus
  2. Untuk mengetahui cara pasang pasang alarm motor yg benar pada scorpio lakukan komunikasi di
    Aneka Alarm Motor
    TELP : 0812 8148 0035 (WA)
    0878 0416 6885
    BBM : 5d0b66a1
    Line : anekaalarmmotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mau tanya punya ku. Motor c70 tak pasang alarm dan remot stater .untuk alarm nya normal tapi untuk stater nya gak mau ngangkat.

      Hapus
    2. yg jelas msh ada yg salah dalam pemasangan,,terutama di bagian kabel orange/coklat

      Hapus
    3. Kasih cara pasang untuk ninja 250 2019 dong alarm udah dapet tpi starter remote gak bisa mohon di jawab kak

      Hapus
    4. silahkan Wa saja 081281480035

      Hapus
  3. Gan giman cara pasan alarm merk cr7 ke vixion old mohon petunjuk nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yg menginginkan tutorial cara pasang alarm motornya silahkan lanjut di WA aja mas 081281480035,,,mohon maaf kalo terlambat menjawab

      Hapus
  4. Gan, Motor saya honda beat fi iss thn 2015. Saya pasang alarm remote merk v12 sudah sesuai skema. Tp knapa y pas jalan bunyikan klakson kok motornya nyendat. Hanya pas nekan klakson saja.. kalo gk nekan klakson jalan biasa normal. Mohon bantuanya.. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. brarti masih ada yg belum benar dalam pengambilan arus utama ataupun secara garis besar belum benar cara pasang alarmnya

      Hapus
  5. Gan barusan ane pasang alarm di acecoris motor .. Tp kunci yg berfungsi hanya alarm kalau di senggol bunyi .. Buat starter pakai remot ko gak berfungsi yah .. Mohon penjelasannha gan .. Apa penyebabnya

    BalasHapus
  6. untuk yg menginginkan tutorial cara pasang alarm motornya silahkan lanjut di WA aja mas 081281480035,,,mohon maaf kalo terlambat menjawab

    BalasHapus
  7. Gan m nanya kalo pake relay 14v bisa g? terus ngaruh g.gan terimakasih

    BalasHapus
  8. ada channel YouTube nya ga mas?, pengen liat proses nya soal nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tp hnya video jadinya mas

      Hapus
    2. Klo pke 1 relay bsa gk sih

      Hapus
    3. pertanyaan harap lengkap mas...biar di jawabnya bisa di maksud

      Hapus
  9. mas kalo alarm BHT di pasang ke scoopy th 2015 harus pakai relay kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung system kill engine nya mau ambil dr mana...kalo dr standart samping ya perlu...tp kalo langsung ke pulser ga perlu relay...Wa ke saya kalo mau tau caranya...081281480035

      Hapus
  10. Bos saya mau tanya saya pasang alarm MP 2 di motor aerox saya kabel abu2 sama PING larinya kemana ya dan apa perlu really

    BalasHapus
  11. Bang saya mau tanya saya mau pasang alarm motor V12 harus pakai relay kaki berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung motornya...sayang pertanyaannya kurang bisa di pahami

      Hapus
  12. Mas saya Mau Tanya saya Pasang alarem d satria fu semua nya normal Tpi pas d stater pake remot Ga Mau ngangkat Knp yahh bang .. Trus Saya jga pake tambahan Riley yg 12v80a

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan masih salah pasang....dan atau ada sambungan yg kurang bagus terutama di kabel orange...dan pastikan aki arus normal

      Hapus
  13. Mas saya pasang alarm di motor kharisma kil engine dari pulser untuk kbel biru arah stater perlu rely gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu mas...lha yg buat anti loncat sama system starter

      Hapus
  14. Mas saya mau tanya saya mau pasang alarmt V12 di crf 150 l, apakah aman buat injeksinya, trs kalo aman harus pake relay yg brp V ya ??
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman lah...relay 12volt...boleh yang 10Ampere...boleh juga yg 30/40 Ampere

      Hapus
    2. Bosku kabel yang dari relay apa perlu di sambung ke kabel indikator netral nggak
      Mohon penjelasanbya

      Hapus
    3. untuk anti loncat harus berfungsi, dan harus pakai relay ke jalur neutral

      Hapus
  15. numpang tanya mas kalo motor persneling yg gak ada starter gak perlu pake relay ya?

    BalasHapus
  16. Mas oto saya mau tanya funsi kabel Abu2 dan pink fungsi nya untuk apa ? motor saya lexi sesuai petunjuk sudah bisa mati dan hidup pake remote , tapi kalo pake konci kontak tetep masih bisa distater walaupun sudah dikonci remote.

    BalasHapus
    Balasan
    1. fungsinya untuk kill engine ataupun cut engine.

      Hapus
  17. Maaf mau tanya. Apakah bisa alarm motor dipasang tp untuk starter nya tidak diapasang? Jd maksud saya, alarm hanya digunakan untuk anti maling dan untuk pencarian di parkiran. Sedangkan fungsi menyalakan dan mematika mesin tidak perlu melalui remot. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa...mau hanya sekedar ngedip sein pun bisa.

      Hapus
  18. saya brusan beli merek bohante kardus merah, kmren sewaktu dipasang di dealer ahass katanya perlu pake relay...pertanyaannya, sebenernya pke relay ato tidak ya? Saya jd sangsi sama mekanik nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya sudah ada di atikel ini mas,,,pada intinya penggunaan relay tergantung kelistrikan motor dan tujuannya.

      Hapus
  19. Gan, saya pasang alarm vinyx injeksi di motor mio. Alarm udah terpasang dan berfungsi normal. Tapu saya pengen tambah lampu indikatornya. Jadi saat alarm aktif (lock) indikator nyala, sedangkan saat alarm nonaktif indikator mati. Gmn caranya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm ada cara mas...kalo yg ada indicator seperti itu biasanya dr merk alarm ,,,contoh merk SPY5000 dan kebanyakan yg modif ada lampunya itu mengambil dr denyut ECU...tapi tidak bisa buat indicator aktif dan nonaktif alarm,,,hanya buat variasi kedip led saat kontak off yg seolah2 alarm aktif padahal ga ada hubungannya..

      Hapus
  20. Mau tanya mas, motor saya xride 2015 mau pasang alarm vynix injection klo ga pake relay bisa gak ya?

    BalasHapus